Kamis, 20 Oktober 2011

Profil Forum


PROFIL FORUM
       A.        Sejarah Berdirinya:
Forum Ma’had ‘Aly yang kini disebut dengan BEM Putri Ma’had ‘Aly Al Wahdah, telah dirintis selama kurang lebih 10 tahun lamanya sejak awal dibukanya kampus STIBA bagi putri, dengan berbagai macam perubahan-perubahan yang terjadi didalamnya hingga dapat berkembang seperti sekarang ini.
Pada awalnya, ketika Lajnah LPBA Putri STIBA (nama awal STIBA) memandang akan perlunya diadakan sebuah sarana untuk membantu Lajnah dalam mengontrol dan meningkatkan kualitas mahasantri, maka dibentuklah sebuah Senat Mahasiswi PPBA yang bergerak dibidang akademik dan pergerakan, dan BP2A (Badan dan Pengawasan Asrama) dalam bidang manajemen keasramaan yang berawal pada tahun 2001 M yang bertempat di Abdesir  waktu itu.
Pada awal kepengurusan Senat ini, dipimpin oleh Ukhti Nur Wahidah. Terbentuklah beberapa departemen didalamnya, diantaranya; Departemen Dakwah, Departemen Sosial dan Departemen Diklat dengan program kerja yang sangat sederhana. Proker ini hanya bersifat intern, sebagai pengontrolan dan pengembangan mahasantri sendiri waktu itu. Adapun BP2A, awalnya dipimpin oleh Ukhti Ratna Sari. Namun, setelah berjalan beberapa bulan kepengurusan, beberapa pengurus direshuffle, sehingga terjadi perubahan amanah pada sebagian pengurus. Selanjutnya kepengurusan dalam Senat dialihkan kepada Ukhti Rosdiana Abdurrahman untuk kemudian melanjutkannya hingga akhir periode tahun 2003 M.

Adapun BP2A selanjutnya dialihkan kepada Ukhti Muthi’ah binti Muh. Yusuf dari tahun 2002 hingga akhir periode pada tahun 2004 M yang bertempat di Antang saat itu dan dibimbing oleh Ukhti Fitri (Ummu Abbad) sebagai Direktur Umum. Jumlah pengurus BP2A saat itu sebanyak 15 orang, dengan proker yang terbagi menjadi 2 qism; Qism Keamanan dan Qism Kesejahteraan. Namun kepengurusan tersebut terjadi beberapa kali pergantian pengurus karena adanya beberapa pertimbangan, diantaranya adalah karena usainya masa belajar di PPBA Putri STIBA.
Dengan semakin bertambahnya mahasiswa dan tuntutan sosialisasi dengan masyarakat, sehingga dibentuklah beberapa program kerja Senat Mahasiswi PPBA yang bersifat ekstern di tahun 2003 M yang dipimpin oleh Ukhti A. Indra Putri dibawah bimbingan Ukhti Suharti saat itu, khususnya pada sisi penguasaan bahasa serta sosialisasi dan pengabdian pada masyarakat sekitar PPBA. Kepengurusan ini terdiri dari PI, Departemen Dakwah, Departemen Diklat, Departemen Dana dan Departemen Humas dengan proker yang sangat sederhana, untuk mengcoper kebutuhan Internal dan Eksternal mahasiswa, seperti: pengajaran mahasantri, tarbiyah, tartil, halaqah hifdz Qur’an dan Hadits, pengajaran TPA, ziarah tetangga dan pos.
Namun, periode ini hanya berjalan selama kurang lebih 1 semester saja. Kepengurusan PPBA Putri STIBA sempat tertutup dalam beberapa waktu karena beberapa pertimbangan, diantaranya karena perpindahan lokasi asrama dan kampus PPBA Putri STIBA selama 1 semester.
Pada tahun 2004 M, kepengurusan kembali terbentuk dengan berganti nama menjadi Himpunan Mahasiswa STIBA yang dipimpin oleh Ukhti Sartini La Mbadjo. Pada awal periode tersebut, forum ini diangkat menjadi forum pengembangan dibawah bimbingan Ukhti Zulfiah Sam (Ummu Ashim).
Forum HM-STIBA ini terbagi atas 2 periode. Pada periode pertama, terdiri dari: PI, Departemen Dakwah, Departemen Diklat, Departemen Humas dan Departemen Danus. Pada periode kedua, dipimpin oleh Ukhti Dewi Indriani dengan perangkat kepengurusan yang terdiri dari: PI, Departemen Dakwah, Departemen P3B, Departemen Sosek dan Departemen Diklat. Dan dalam periode inilah, HM Ma’had ‘Aly diangkat menjadi forum pembinaan dengan pemberian plakat oleh LM CM pada tahun 2006 M yang dibimbing oleh Ukhti Fitriani Suryan sebagai DPF dan berlokasi di Perumnas saat itu. Adapun BP2A saat itu dipimpin oleh ketua asrama.
Setelah Muktamar tahun 2006 M, Himpunan Mahasiswa STIBA ini dilanjutkan oleh Ukhti Nurhidayah Abdul Lathif. Namun, hanya aktif beberapa bulan saja, karena ada sebuah udzur yang mengharuskannya untuk tidak dapat meneruskan kepengurusannya. Akhirnya HM ini dialihkan kepada Ukhti A. Verawati Husain secara langsung, yang sebelumnya memegang amanah sebagai Kadep Diklat saat itu. Dan STIBA pun berganti nama menjadi Ma’had ‘Aly Al-Wahdah, sehingga HM STIBA pun disebut HM Ma’had ‘Aly Al-Wahdah saat itu.
Kepengurusan ini diteruskan selama 2 periode, dari tahun 2006-2008M. Namun, setelah melihat struktur kepengurusan ikhwah yang memakai Biro dibawahi oleh PI, maka HM Madah diubah namanya menjadi BK-BEM dan saat itu juga forum ini naik ke level D di pembinaan pada tahun periode 2007-2008 M, dengan alasan bahwa forum ini sudah melakukan pergerakan dakwah ekstern yang dibimbing oleh Ukhti A. Dahmayanti sebagai DPF saat itu dan berpusat di Maggala hingga sekarang.
Kepengurusan ini terdiri atas 2 periode. Periode pertama yang masih dipimpin oleh Ukhti A. Verawati Husain saat itu terdiri dari: PI, Sub Dakwah, Sub P2B, Sub Danus dan Sub Humas. Periode kedua terdiri dari: PI, Sub Dakwah, Sub P2B, Sub Sakan, Sub Tartil, Sub PSDM dan Sub Sosial yang kembali dipimpin oleh Ukhti Nurhidayah Abdul Lathif dibawah bimbingan Ukhti A. Verawati Husain sebagai Pembina forum saat itu, dengan proker yang bersifat Intern dan Ekstern dan mengarah sebagai wadah pencapaian visi dan misi Ma’had ‘Aly Al Wahdah. Dalam periode kepengurusan ini, system dalam Senat dan Keasramaan disatukan.
Pada periode kepengurusan ini pula BK-BEM mendapatkan sebuah plakat penghargaan dari FMDK sebagai forum binaan pada tahun 2008 M. Namun, ditengah berjalannya kepengurusan pada periode ini, kembali terjadi pergantian amanah pengurus karena udzur  oleh ketua forum saat itu yang mengharuskannya untuk tidak dapat melanjutkan kepengurusan ini. Dan akhirnya dialihkan kepada Ukhti Riska Nashrun.
Dan pada periode 2010-2011 setelah BK-BEM dianggap mampu bergerak sendiri dalam pengembangan dakwah dan dengan pertimbangan kemaslahatan pengembangan dakwah, maka BK-BEM berdiri sendiri sebagai BEM khusus mahasantri putrid Ma’had ‘Aly Al Wahdah. Dan diperiode awal ini diketuai oleh Al-Ukh Nuraeni Yasin hingga akhir periode, biidznillah.
Demikianlah sejarah panjang awal terintisnya Badan Eksekutif Mahasantri Putri Ma’had ‘Aly al-Wahdah hingga hari ini. Tersisa semangat dan harapan kami tuk meneruskan rantai dakwah ini, masuk dan mengambil bagian dalam barisan perjuangan melalui jama’ah ini. Berharap mencapai cita-cita, bersama mewujudkan cita Ma’had yang mulia, mengharap Jannah-Nya. Amin. ALLAHU AKBAR.
B.        Visi dan Misi
Visi BEM putri sampai tahun 2011 adalah sebagai berikut:
1.         Mencetak aktivis dakwah yang berkarakter  5 M (mukmin, muslih, mujahid, mutqin, dan muta’awin).
2.         BEM eksis 2014
Misi BEM:
1.          Meningkatkan tsaqafah mahasantri
2.          Mengoptimalkan potensi sumber daya mahasantri
3.          Mengoptimalkan pengkaderan sesuai Manhaj Ahlussunnah wal Jama’ah di kelurahan Manggala dan sekitar  ma’had
4.          Menjalin hubungan silaturrahim internal (pengurus) dan eksternal (mahasantri)
5.          Memaksimalkan system pengajaran Tahsin Qira’atil Qur’an dan bahasa Arab
6.          Mengoptimalkan pengelolaan dan pencarian dana
7.          Memperbaiki system manajemen organisasi
C.        Jumlah Departemen
BEM Putri terdiri dari 5 departemen yaitu: Departemen Dakwah, Departemen Tahsin Qira’atil Qur’an, Departemen Diklat, Departemen Sosial, Departemen Pengembangan dan Peningkatan Bahasa Arab.
D.        Tujuan:
·                     Sebagai wadah kreativitas mahasantri
·                     Melaksanakan kajian-kajian keislaman, keorganisasian dan perkembangan dakwah kontemporer
·                     Memberikan kontribusi pemikiran dan pembinaan keislaman terhadap masyarakat
·                     Mewujudkan insan akademisi yang tangguh dengan kepribadian dan pola pikir yang dinamis
·                     Mempererat hubungan silaturrahim dan kerjasama antara sesama anggota

Tidak ada komentar:

Posting Komentar